Minggu, 04 Januari 2009







BAB I
PENDAHULUAN


Kurikulum adalah semua kegiatan dan pengalaman serta kegitan belajar yang menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan (madrasah), baik yang dilaksanakan di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
Rumusan kurikulum di atas masih sangat umum karena pada dasarnya setiap lembaga pendidikan dan pelatihan memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya karakteristik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbeda dengan karakteristik Pondok Pesantren. Namun demikian, paling tidak dapat dipahami bahwa kurikulum merupakan pedoman pokok dalam keberlangsungan proses belajar mengajar di sekolah/madrasah agar dengan kurikulum itu proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik dan terarah. Oleh karena itu, dalam merumuskan dan mengembangkan kurikulum harus memperhatikan banyak hal yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat, perkembangan anak didik, potensi daerah, dan radiasi informasi global. Kurikulum yang tidak mengakomodir hal-hal ini akan berakibat fatal baik bagi perkembangan siswa maupun bagi perkembangan lembaga pendidikan itu sendiri.
Dengan memperhatikan semua hal di atas maka kurikulum pendidikan di madrasah diharapkan dapat disusun menjadi kurikulum terpadu. Lembaganya bernama madrasah tetapi out-putnya tidak hanya sekedar beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berwawasan qur’ani tetapi sekaligus cerdas, terampil, menguasai life skills dan teknologi tepat guna serta berakhlak mulia.
Banyak pakar meyakini bahwa tidak ada kurikulum yang baik, yang ada adalah kurikulum itu baik pada masyarakat tertentu dan untuk era tertentu. Oleh karena itu perubahan kurikulum atau pengembangan kurikulum merupakan suatu keharusan.
Ada beberapa alasan sehingga kurikulum perlu dikembangkan, antara lain sebagai berikut: 1) meningkatkan kualitas pendidikan, 2) mengantisipasi perkembangan Iptek, 3) mengantisipasi perkembangan masyarakat, 4) kurikulum bukan tujuan tetapi alat untuk mencapai tujuan, 5) regulasi pendidikan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya, Madrasah Aliyah (MA) Paradigma Palembang sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Melalui KTSP ini madrasah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga madrasah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar madrasah.
Dalam dokumen ini dipaparkan tentang Kurikulum Madrasah Aliyah (MA) Paradigma Palembang, yang secara keseluruhan mencakup: Pendahuluan, Profil Madrasah, Struktur dan Muatan Kurikulum, Kalender Pendidikan serta lampiran berupa silabus dan rencana pelaksanaan pengajaran.
BAB II
PROFIL MADRASAH ALIYAH PARADIGMA
A. Visi
Terwujudnya siswa yang berprestasi dan berakhlak mulia
B. Misi
Menyelenggarakan pembelajaran berbasis nilai.
Menyelenggarakan pembelajaran agama dengan pendekatan keilmuan.
Menyelenggarakan program pendalaman materi untuk mata pelajaran yang di UN- kan.
Menyelenggarakan pembelajaran dengan menggunakan (memanfaatkan) teknologi tepat guna (multimedia).
Menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler yang dikemas dalam tiga program unggulan:
a. Transformasi Iptek dan Bahasa
b. Menanamkan nilai-nilai Islam dan akhlakul karimah
c. Dakwah bil hal
Menyelenggarakan dan atau mengikutsertakan siswa dalam kegiatan peningkatan mutu (Pesantren Ramadhan, Latihan Dasar Kepemimpinan, dll).
Menyelenggarakan dan atau mengikutsertakan guru/kepala madrasah dalam kegiatan peningkatan mutu (MGMP, Workshop, Diklat, dll).

C. Tujuan
Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Paradigma Palembang memiliki tujuan agar peserta didik dapat : Menjadi muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cakap, percaya pada diri sendiri, berdisiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, memajukan dan memperkembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
F. Tujuan Mata Pelajaran
( Lampiran 3 Permen 22/2006 ttg SK dan KD pada masing-masing Pelajaran)
Tujuan Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq
Mata pelajaran Aqidah-Akhlaq bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam Akhlaqnya yang terpuji, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang Aqidah dan Akhlaq Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dan meningkat kualitas keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Tujuan Mata Pelajaran Al-Qur,an dan Hadits
Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits bertujuan agar peserta didik gemar untuk membaca Al-Qur’an dan Hadits dengan benar, serta mempelajarinya, memahami, meyakini kebenarannya, dan mengamalkan ajaran-ajaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh aspek kehidupannya.
Tujuan Mata Pelajaran Fiqih
Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat: (1) mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam secara terperinci dan menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan aqli. Pengetahuan dan pemahaman tersebut diharapkan menjadi pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial, (2) melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar. Pengamalan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi maupun sosialnya.
Tujuan Mata Pelajaran SKI
1. Memberikan pengetahuan tentang sejarah Islam dan kebudayaan Islam kepada para peserta didik, agar ia memberikan konsep yang objektif dan sistematis dalam perspektif sejarah.
2. Mengambil i’tibar, nilai dan makna yang terdapat dalam sejarah.
3. Menanamkan penghayatan dan kemauan yang kuat untuk mengamalkan ajaran Islam berdasarkan cermatan atas fakta sejarah yang ada.
4. Membekali peserta didik untuk membentuk kepribadiannya berdasarkan tokoh-tokoh teladan sehingga terbentuk kepribadian yang luhur.

Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Arab
Program pembelajaran Bahasa Arab secara umum memiliki tujuan agar para peserta didik berkembang dalam hal:
1. Kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis secara baik.
2. Berbicara secara sederhana tapi efektif dalam berbagai konteks untuk menyampaikan informasi, pikiran dan perasaan, serta menjalin hubungan sosial dalam bentuk kegiatan yang beragam, interaktif dan menyenangkan.
3. Menafsirkan isi berbagai bentuk teks tulis pendek sederhana dan merespon dalam bentuk kegiatan yang beragam, interaktif, dan menyenangkan.
4. Menulis kreatif meskipun pendek sederhana berbagai bentuk teks untuk menyampaikan informasi, mengungkapkan pikiran dan perasaan.
5. Menghayati dan menghargai karya sastra.
6. Kemampuan untuk berdiskusi dan menganalisis teks secara kritis.
7. Perbendaharaan kata Arab fushha sebanyak 1500 kosa kata lebih dalam berbagai bentuk kata dan pola kalimat yang diprogramkan meliputi tema tentang kegiatan sehari-hari, kajian keislaman. Rasionalisasi penguasaan 1500 kosa kata tersebut adalah 300 kata pada jenjang Ibtidaiyah dan 700 kata pada jenjang Tsanawiyah, serta 750 kosa kata pada jenjang Aliyah.
8. Dengan penguasaan kosa kata dengan kaidah dan pelafalan yang benar sebagaimana tersebut di atas peserta didik diharapkan mampu berbahasa Arab secara reseftif maupun ekspresif.

Tujuan Mata Pelajaran Matematika
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4. Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA/MA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi informational
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.

Tujuan Mata Pelajaran Fisika
Mata pelajaran Fisika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Membentuk sikap positif terhadap fisika dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4. Mengembangkan kemampuan bernalar dalam berpikir analisis induktif dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip fisika untuk menjelaskan berbagai peristiwa alam dan menyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif
5. Menguasai konsep dan prinsip fisika serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan, dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan Mata Pelajaran Biologi
Mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri
Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia
Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.
Tujuan Mata Pelajaran Kimia
Mata pelajaran kimia di SMA/MA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Membentuk sikap positif terhadap kimia dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerjasama dengan orang lain
3. Memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau eksperimen, dimana peserta didik melakukan pengujian hipotesis dengan merancang percobaan melalui pemasangan instrumen, pengambilan, pengolahan dan penafsiran data, serta menyampaikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4. Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat
5. Memahami konsep,prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.
Tujuan Mata Pelajaran Sejarah
Mata pelajaran Sejarah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
2. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
3. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
4. Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang
5. Menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air yang dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan baik nasional maupun internasional.

Tujuan Mata Pelajaran Geografi
Mata pelajaran Geografi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
Memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan
Menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi
Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat.

Tujuan Mata Pelajaran Ekonomi
Mata pelajaran Ekonomi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan individu, rumah tangga, masyarakat, dan negara
2. Menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi
3. Membentuk sikap bijak, rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat, dan negara
4. Membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional

Tujuan Mata Pelajaran Sosiologi
Mata pelajaran sosiologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai dengan terciptanya integrasi sosial
2. Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan bermasyarakat
3. Menumbuhkan sikap, kesadaran dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
Tujuan Mata Pelajaran Antropologi
Mata pelajaran antropologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami dasar-dasar antropologi
2. Memahami, memecahkan dan menelaah secara kritis dan rasional tentang berbagai fenomena sosial budaya.
Tujuan Mata Pelajaran Seni Budaya
Mata pelajaran Seni Budaya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
2. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
3. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
4. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
Tujuan Penjas, Olahraga dan Kesehatan
Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
Tujuan Ketrampilan
Mata pelajaran Keterampilan vokasional bertujuan agar peserta didik memmiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan membuat berbagai produk kerajinan dan produk teknologi yang berguna bagi kehidupan manusia
2. Memiliki rasa estetika, apresiasi terhadap produk kerajinan, produk teknologi, dan artefak dari berbagai wilayah Nusantara maupun dunia
3. Mampu mengidentifikasi potensi daerah setempat yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kerajinan dan pemanfaatan teknologi sederhana
4. Memiliki sikap profesional dan kewirausahaan.

E. Standar Kelulusan Kelompok Mata Pelajaran
( Permen 23/2006 SKL hal 6- 13 )

1. Kelompok Agama dan Akhlak Mulia
a. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
b. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
c. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
d. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
e. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
f. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
g. Menjaga kebersihan, kesehatan, ketahanan dan kebugaran jasmani dalam kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
h. Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab


2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
a. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuBerpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
b. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan
c. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
d. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
e. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
f. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
g. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
h. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
i. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
j. Berkarya secara kreatif, baik individual maupun kelompok
k. Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
l. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaan dan memperkuat kepribadian
m. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
n. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
o. Menunjukkan apresiasi terhadap karya estetika

3. Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi
a. Membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan teknologi secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
b. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif secara mandiri
c. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri

d. Menunjukkan sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang iptek
e. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
f. Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena alam dan sosial sesuai dengan kekhasan daerah masing-masing
g. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
h. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
i. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
j. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
k. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi.

4. Estetika
a. Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan kreasi seni
b. Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
c. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
d. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok.

5. Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
a. Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
b. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal untuk menunjang kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
c. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan
F. Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP sebagai berikut ini.
1. Berperilaku Islami yang sesuai dengan perkembangan anak usia sekolah (remaja)
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi

G. Sasaran
Kepala Madrasah dan Para Guru serta dengan persetujuan Komite Madrasah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
Sasaran Program Madrasah
SASARAN PROGRAM 1 TAHUN
( 2008 / 2009 )(Program Jangka Pendek)
SASARAN PROGRAM 4 TAHUN
( 2008 / 2012 )(Program Jangka Menengah)
SASARAN PROGRAM 8 TAHUN
( 2008 / 2015 )(Program Jangka Panjang)
1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 95%.
1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 97%.
1. Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 98 %.
2. Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir 5,0.
2. Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 6,0.
2. Target pencapaian rata-rata NUAN lulusan 7,0.
3. 5 % lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.
3. 20 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.
3. 50 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.
4. 90% peserta didik yang dapat membaca Al-Qur’an dengan baik.
4. 90% peserta didik yang dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
4. 100% peserta didik yang dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
5. Memiliki ekstra kurikuler unggulan (KIR & Olah Raga Prestasi )
5. Extra kurikuler unggulan dapat menjuarai tingkat kota
5. Ekstrakurikuler unggulan dapat meraih prestasi tinggkat propinsi
6. 5 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.
6. 10 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.
6. 30 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.
7. 70 % peserta didik dapat mengoperasikan program Ms Word dan Ms Excel
7. 75 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer (Microsoft Word , Excel, Power point dan Internet).
7. 100 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer (Microsoft Word, Excel, Power point dan Internet).
8. 15 % Peserta didik mampu mejalankan tugas sebagai ma’ashirol, bilal, do’a di masyarakat
8. 25 % Peserta didik mampu mejalankan tugas sebagai ma’ashirol, bilal, do’a di masyarakat
8. 25 % Peserta didik mampu mejalankan tugas sebagai ma’ashirol, bilal, do’a dan berzanji di masyarakat

Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga madrasah sebagai berikut:
1. mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan;
2. mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu;
3. melakukan kerjasama dengan pihak Pemprod/Pemkot dan perusahaan yang ada di Kota Palembang untuk membantu pembiayaan bagi peserta didik yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi;
4. mengadakan Tadarusan menjelang pelajaran dimulai, kegiatan Jama’ah Yasin setiap Jum’at, Tadabur Alam, peringatan hari besar Islam, dan membentuk kelompok-kelompok pengajian peserta didik;
5. menjalin komunikasi yang baik dengan Dinas Pendidikan dan Olah Raga, LPMP Sumatera Selatan; MDC Sumatera Selatan.
6. kerjasama dengan Yayasan Paradigma, Yayasan Pendidikan Serumpun, Yayasan Primagama, MKKM MAN Sumatera Selatan, MGMP Kota Palembang. Kerjasama ini diarahkan pada peningkatan mutu/hasil belajar siswa melalui Bimbingan Belajar (jam tambahan) baik dalam konteks semesteran, ujian nasional maupun ke pendidikan yang lebih tinggi (Perguruan Tinggi Umum).
7. perbaikan laboratorium bahasa;
8. membentuk kelompok gemar Bahasa Inggris;
9. membentuk kelompok belajar Matematika;
10. pengadaan buku penunjang;
11. pengadaan komputer;
12. mengintesifkan kelompok belajar sains
13. mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua;
14. pelaporan kepada orang tua secara berkala;


D. Kondisi Umum MAS Paradigma
1. Kualitas Pembelajaran
Guru umumnya masih menggunakan pola teacher centered dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, sehingga apa yang diharapkan dari system pembelajaran yang efektif belum sepenuhnya tercapai. Kendatipun hasil UN 2004/2005 menempatkan MAS Paradigma pada rangking 7 (tujuh), UN 2005/2006 pada rangking 5 (lima) Se-Sumatera Selatan, tapi hasil tersebut tidak membuat kami berpuas diri, dan senantiasa berusaha meningkatkan kualitas.
2. Kualitas Guru
MAS Paradigma memiliki guru dengan kualifikasi pendidikan yang cukup baik. Dari 24 orang guru, ada 4 orang berlatar belakang pendidikan S.2, 18 orang S.1 dan 2 orang D.III. Namun demikian, MAS Paradigma masih memiliki sejumlah guru yang mismatch (salah kamar). Sehingga ada guru tamatan S.1 Tarbiyah/PAI mengajar mata pelajaran Sejarah, S.1 Fakultas Syari’ah yang mengajar Kewarganegaraan, D.3 Poltek Kimia mengajar mata pelajaran Geografi. Keadaan ini diduga menjadi salah satu penyebab kurang efektifnya kegiatan belajar mengajar di MAS Paradigma, di samping mismatch, pembelajaran tersebut juga tidak dilengkapi dengan perangkat pembelajaran dan metode pengajaran yang memadai. Menyongsong pemberlakuan Kurikulum 2006 (Standar Nasional Pendidikan), keadaan ini sangat harus untuk ditingkatkan.
Pada saat ini (tahun ajaran 2008/2009) ada beberapa orang guru yang sedang mengikuti program Kualifikasi S.1 dan Pascasarjana (S.2 dan S.3). Ada dua orang yang mengikuti kualifikasi S.1. Kemudian, dua orang sedang mengikuti program S.2 di Universitas Tridinanti Palembang, dan 1 orang sedang mengikuti S.3 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Diharapkan pada tahun 2010 guru-guru yang sedang mengikuti tugas belajar ini dapat selesai sehingga MAS Paradigma akan memiliki guru dengan latar belakang pendidikan S.2 enam orang, S.3 satu orang dan selebihnya (16 orang) S.1.
Keadaan Guru MAS Paradigma
No.
Nama
Pendidikan
Jabatan
1.
Drs. HM. Nazarudin, M.Ag.
S.2 Magister Studi Islam
Kepala Madrasah
Guru BK/Mulok
2.
Drs. Dwi Jaya
S.1 FKIP MTK Unsri
Waka. Kurikulum
Guru Matematika
3.
Anton Bagio, MM
S.2 Manajemen SDM
Waka. Kesiswaan
Guru Komputer
4.
Drs. H.Sulaiman,Lc.,M.Hum.
S.2 SPI IAIN Palembang
Guru Bhs.Arab
5.
Drs. Amiruddin Sirod
S.1 Tarbiyah/Bhs.Arab
Guru Bhs.Arab
6.
Drs. A. Gani Alian
S.1 Fak.Tarbiyah/PAI
Guru SBI
7.
Johan Nisiba, MM
S.2 Manajemen SDM
Guru/Pembina KIR
8.
Roslaini Asmiyati, S.Ag.
S.1 Fak.Tarbiyah/PAI
Guru Fiqih
9.
Suharmiyati, S.Ag.
S.1 Fak.Tarbiyah/PAI
Guru Qur’an Hadits
10.
Nasriyatillah, S.Ag.
S.1 Fak.Tarbiyah/PAI
Guru Aqidah Akhlak
11.
Devi Arianty, MM
S.2 Mnjm Pendidikan
Guru Fisika
12.
Pusri, S.Pd.I
S.1 Fak.Tarbiyah/PAI
Guru Tahsinul Qiro’ah
13.
Muhammad Hafis, SHI
S.1 Syari’ah
Guru PPKn
14.
Marwadi, S.Pd.I
S.1 Fak.Tarbiyah/PAI
Guru SKI
15.
Parida, S.Pd
S.1 FKIP Ekonomi Unsri
Guru Ekonomi
16.
Misdariah , S.Pd
S.1 FKIP Kimia Unsri
Guru Kimia
17.
Hilmiati, Amd
D.3 Poltek Unsri
Guru Geografi
18.
Anna Meilina, S.Pd
S.1 FKIP Sejarah Unsri
Guru Sejarah
19.
Tuti Rahayu, S.Pd
S.1 FKIP Bhs. Indonesia
Guru Bhs. Indonesia
20.
Intan Nurcahya, Amd
PGSLTP Unsri
Guru Bhs. Inggirs
21.
Lista Diana, S.Pd
S.1 Bhs. Indonesia
Guru Bhs. Indonesia
22.
Sri Bungowati, S.P
S.1 Pertanian (Akta IV)
Guru Biologi
23.
Srikandi, S.Pd
S.1 FKIP Unsri
Guru Sosiologi
24.
Sri Endang M Rahayu, S.Pd
S.1 FKIP Matematika
Guru Matematika
3. Tenaga Kependidikan
Tenaga kependidikan yang dimaksud di sini adalah staf dan atau pegawai yang tenaganya merupakan salah satu faktor yang dapat mewujudkan visi madrasah. MAS Paradigma belum memiliki tenaga TU yang berpendidikan sesuai dengan pekerjaannya. Latar belakang pendidikan Tenaga TU tidak sesuai dengan bidang kerjanya sebagai TU. Keadaan ini di duga menjadi salah satu sebab kurang baiknya administrasi MAS Paradigma. Walaupun demikian TU yang mismatch (salah kamar) ini memiliki semangat kerja yang tinggi dan loyal terhadap profesinya.

Keadaan Pegawai
No.
Nama
Pendidikan
Jabatan
1.
Fauziah
SMA
Tata Usaha
2.
Hilmiati
D.3 Poltek Unsri
Bendahara
3.
Midkhol Huda, S.Kom
S.1 Komputer
Operator Komputer

4. Keadaan Siswa
Syukur alhamdulillah, keadaan (jumlah) siswa MAS Paradigma Palembang dari tahun ke tahun terus meningkat. Berikut dikemukakan keadaan siswa 3 (tiga) tahun terakhir:
KELAS
TAHUN
JUMLAH
2006/2007
2007/2008
2008/2009

X
38
35
33
106
XI
39
38
35
112
XII
34
35
36
105
JUMLAH
111
108
104

5. Persentasi Lulusan & Peringkat Se Sumatera Selatan
TAHUN
PERSENTASI
PERINGKAT
KETERANGAN
2004/2005
100
17
PROGRAM STUDI IPS
2005/2006
100
7
2006/2007
100
5
2007/2008
100
25
2008/2009


2009/2010







6. Layanan Belajar
a. Perpustakaan
Perpustakaan Madrasah Paradigma menyediakan buku pelajaran, buku refrensi dan jurnal pendidikan yang setiap saat dapat dibaca, dipinjam tanpa dipungut biaya (gratis). Selain buku, siswa juga dapat mengakses informasi (bahan ajar) melalui internet .
b. Laboratorium Komputer
Madrasah Paradigma memiliki 20 unit komputer dengan fasilitas LAN (Local Area Networking). Melalui Laboratorium Komputer ini anak didik dapat mengikuti pembelajaran (semua bidang studi) dengan nyaman, menarik dan menyenangkan.
c. Laboratorium Bahasa
Madrasah Paradigma sejak tahun ajaran 2005/2006 memiliki Laboratorium Bahasa Multi Media. Melalui Lab. Bahasa ini anak-anak dapat mengikuti pembelajaran bahasa (Inggris, Arab dan Indonesia) secara komprehensip.
d. Alat Peraga Pendidikan (Biologi, Matematika, Fisika, sejarah, dan geografi). Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pendidikan ini akan meningkatkan motivasi belajar siswa karena mereka (siswa) terlibat langsung dalam pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
E. Kondisi Yang Diharapkan
Kondisi yang diharapkan di MAS Paradigma adalah sesuai dengan visi, misi dan tujuan madrasah dengan beberapa indicator di antaranya prestasi siswa yang tinggi (Nilai Ujian Nasional rata-rata kategori baik, di atas 6,0), berjalannya semua komponen yang ada secara harmonis baik dari unsur komite/yayasan, guru, karyawan, siswa, kepala madrasah dan masyarakat sekitar. Kondisi ini tentunya diperlukan waktu, dana dan komitmen serta kerja keras dari semua komponen terkait dalam lembaga ini terlebih dengan mulai diberlakukannya Kurikulum 2006 (Standar Nasional Pendidikan dan Implementasinya) ini. Untuk itu perlu adanya program yang terencana dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, khususnya mutu pendidikan pada Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Paradigma Palembang.
F. Program MPMBM
Pendidikan adalah suatu sIstem. Pendidikan memiliki banyak komponen yang satu dengan lainnya saling berinteraksi, terkait dan mempengaruhi secara timbale balik. Oleh karena itu keberhasilan atau kegagalan suatu proses pendidikan tidak dapat dibebankan hanya pada satu komponen saja, misalnya Kepala Madrasah.
Oleh karena itu meningkatkan mutu madrasah tidak bisa dilakukan secara parsial (aspek-aspek tertentu saja yang ditingkatkan kualitasnya), melainkan harus holistic (menyeluruh dan terpadu). Sebagai tindak lanjutnya maka seluruh komponen yang ada di MAS Paradigma Palembang, dari Kepala Madrasah, Guru, Tenaga Kependidikan dan siswa, semuanya harus mengalami peningkatan baik dengan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Sumatera Selatan maupun secara mandiri melalui “ in house training atau in service training“.
1. Tujuan
Tujuan umum dari program peningkatan manajemen mutu MAS Paradigma adalah :
a. Meningkatkan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam manajemen pendidikan di MAS Paradigma baik kepala madrasah, guru, siswa, tenaga kependidikan lainnya serta masyarakat dalam fungsinya masing-masing, sehingga secara bersama-sama dapat berperan serta dalam proses pendidikan.
b. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
c. Menghasilkan output yang memiliki kemampuan akademis yang tinggi dan kepedulian sosial yang tinggi.
d. Mendorong seluruh komponen yang terlibat untuk menjalankan fungsi manajemen dan metode pembelajaran bagi penyelenggaraan madrasah.
2. Target
Target umum yang hendak dicapai pada program peningkatan manajemen mutu MAS Paradigma adalah :
a. Terciptanya kegiatan pendidikan, pengajaran dan pelatihan di MAS Paradigma yang terencana dan terarah dengan acuan manajemen yang baik.
b. Meningkatnya mutu dan kualitas guru dan jajaran para pengelola MAS Paradigma, sehingga menciptakan KBM yang kondusif dan dapat menghasilkan output yang handal.
c. Berfungsinya unit-unit pendidikan baik yang berhubungan dengan kegiatan siswa, guru, kepala madrasah, karyawan, serta masyarakat sehingga terjalinnya kerjasama yang baik dan terbangunnya rasa tanggung jawab bersama di antara komponen pada MAS Paradigma.
3. Sasaran
Sasaran kegiatan peningkatan manajemen mutu pendidikan di MAS Paradigma adalah seluruh warga MAS Paradigma meliputi : siswa, guru, keryawan, kepala madrasah, komite madrasah, dan masyarakat sekitar serta instansi yang terkait dengan penyelenggaraan dan pengelolaan MAS Paradigma Palembang.

4. Bentuk Kegiatan
Bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di MAS Paradigma Palembang meliputi :
a. Tela’ah dan Pengembangan Kurikulum.
b. Pendalaman materi pelajaran yang di UN-kan
c. Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran.
d. Workshop Metodologi Pengajaran.
e. Sosialisasi Program Sertifikasi
f. Sosialisasi Regulasi Pendidikan
g. Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi siswa.
h. Peningkatan Kualitas Sarana Pembelajaran
H. Kerja Sama Madrasah
1. Kerja sama dengan Orang Tua
Kerja sama dengan orang tua peserta didik dilaksanakan melalui Komite Madrasah dan atau Yayasan.
Ada lima peran orang tua dalam pengembangan Madrasah, yaitu sebagai:
a. donatur dalam menunjang kegiatan dan sarana madrasah, namun belum berjalan optimal mengingat kondisi ekonominya;
b. mitra sekolah dalam pembinaan pendidikan;
c. mitra dalam membimbing kegiatan peserta didik;
d. mitra dialog dalam peningkatan kualitas pendidikan; dan
e. sumber belajar.
2. Kerja sama dengan Alumni.
Kerja sama antara madrasah dengan alumni belum dapat digali secara maksimal mengingat 25% alumni yang tidak berada di Palembang (bekerja di Batam, Malaysia dan Saudi Arabia), sementara komunikasi belum berjalan dengan lancar karena keadaan yang belum memungkinkan.
3. Prestasi yang pernah diraih/dicapai.
1) Bidang Akademis : Rangking 5 hasil UN IPS Sumsel (2006/2007)
Rangking 7 hasil UN IPS Sumsel (2005/2006)
Rangking 17 hasil UN IPS Sumsel (2004/2005)
2) Bidang Non Akademis :
§ Juara 1 Sepakbola Tingkat Kecamatan Sukarami (2007)
§ Juara 1 Lari Estafet Putri Porseni Kota (2006)
§ Juara 1 Lari Estafet Putra Porseni Kota (2006)
§ Juara 2 Lari 100 m Porseni Kota (2006)
§ Juara 3 Bulu Tangkis Ganda Putra Porseni Kota (2006)
§ Juara 1 Puisi Islam (Putri) Festifal Seni Budaya Madrasah (2005)
§ Juara 2 Kaligrafi (Putri) Festifal Seni Budaya Madrasah (2005)























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar